Tak Lolos Penyisihan Grup, Brasil Depak Dunga dari Pelatih

Tak Lolos Penyisihan Grup, Brasil Depak Dunga dari Pelatih – Berakhir sudah kiprah Dunga dalam mengarsiteki timnas Brasil pasca dalam ajang Copa America Centenario yang dimainkan dimana tak lolos dalam fase penyisihan grup didapati Brasil, alhasil hasil buruk ini berimbas pada masa jabatan Dunga sehingga pria berusia 52 tahun tersebut dibebastugaskan dari kursi kepelatihan. Pemecatan ini berarti memang kedua kalinya Dunga dipecat oleh timnas Brasil. Pasalnya memang sebelumnya, ia juga pernah menangani Brasil dari 2006 hingga 2010 dan sebelum akhirnya Selecao gagal di Piala Dunia 2010 lalu memang hal sama seperti saat ini didapati edngan lantas didepak dan digantikan oleh Mano Menezes pada kala itu.

Untuk kali ini memang terasa lebih menyakitkan pastinya bagi Dunga, pasalnya laju Brasil sama sekali tak menuai hasil meyakinkan dalam fase penyisihan grup Copa America Centenario ini. Dan lebih menyakitkan adalah ini terjadi di pekan terakhir dimana berhadapan dengan tim Peru. Hanya membutuhkan hasil imbang untuk bisa lolos justru hal lain terjadi, Brasil harus takluk 0 – 1 lewat gol berbau kontroversial yang dilesakkan oleh Raul Ruidiaz karena menggunakan tangan. Tak pelak selain harus menelan kekalahan juga harus mengakhiri kiprahnya dalam ajang Copa America Centenario ini didapati oleh tim Selecao ini.

Alhasil setelah sempat digadang – gadang bakalan diberhentikan, akhirnya keputusan resmi dari CBF (Asosiasi Sepakbola Brasil) pada beberapa waktu lalu memang menyatakan jikan sang pelatih yakni Dunga beserta staf pelatihnya dipecat sudah resmi didepak dari kursi kepelatihan. “Konfederasi Sepakbola Brasil mengumumkan bahwa telah diputuskan pada Selasa (14/6), pemecatan komite teknik tim nasional Brasil. Mereka meninggalkan posisi sebagai koordinator tim, Gilmar Rinaldi, pelatih Dunga, dan segenap timnya. Keputusan ini diambil menyusul kesepakatan dalam pertemuan siang ini dan, sejak sekarang, CBF memulai proses untuk memilih komite teknik terbaru dari tim nasional Brasil. CBF berterima kasih atas dedikasi, keseriusan, dan komitmen para staf ketika bekerja,” ungkap pernyataan resmi CBF.

Dan saat ini memang timnas Brasil menimbang dan memilih calon pengganti Dunga kedepan. Sosok yang difavoritkan untuk menjadi pelatih baru Brazil adalah manajer Corinthians Tite (55). Sang pelatih baru juga akan mengarsiteki tim Brasil U-23 pada Olimpiade Rio de Janeiro, Agustus ini. Selain itu prestasi Tite yakni mampu memimpin Sao Paulo meraih gelar juara Brasil pada 2011 dan 2015, serta membawa tim itu menjuarai Piala Libertadores dan Piala Dunia Antaklub untuk pertama kalinya pada 2012.