Inilah Presiden Baru FIFA

Inilah Presiden Baru FIFA – Gianni Infantino resmi saat ini menjadi Presiden baru Asosiasi Sepakbola dunia yakni FIFA, setelah dalam pemilihan yang berlangsung tercatat Gianni Infantino berhasil unggul telak dari pesaing – pesaingnya. Gianni Infantino telah terpilih dalam Kongres Luar Biasa usai mengalahkan tiga kandidat lain dalam pemungutan suara yang digelar di Zurich, Jumat (26/2/2016). Perolehan suara sendiri tercatat Gianni Infantino ini sukses merengkuh 115 suara dan unggul atas raihan Sheikh Salman bin Ebrahim al-Khalifa yang mendapatkan 88 suara. Dua kandidat lainnya yakni Pangeran Ali al-Hussein cuma meraih empat suara sementara Jerome Champagne tak memperoleh suara sama sekali.

Infantino sendirii lahir di Brig, Swiss pada 23 Maret 1970, Infantino punya darah Italia dalam dirinya, tepatnya dari daerah Calabria dan Lombardy. Dia disebut memegang tiga kewarganegaraan yakni Swiss, Italia, dan Yunani, juga fasih menggunakan lima bahasa antara lain Italia, Prancis, Jerman, Inggris, dan Spanyol. Infantino maju dalam pemilihan presiden FIFA dengan jabatan sebagai Sekretaris Jenderal UEFA yang sudah diembannya sejak 2009 silam. Sebelum masuk UEFA, dia bekerja sebagai Sekretaris Jenderal International Centre for Sports Studies (CIES) di Universitas Neuchatel.

Infantino kini punya tugas berat memulihkan reputasi FIFA, setelah tercoreng kasus korupsi, suap, dan pencucian uang. Kasus itu pula yang memaksa Blatter kehilangan jabatan sebagai presiden FIFA, juga menjerat beberapa eksekutif organisasi sepakbola tertinggi dunia itu. Seperti diketahui, sejumlah petinggi FIFA terjerat kasus korupsi dan suap beberapa waktu lalu termasuk mantan Presiden Sepp Blatter.

Hasil Pemungutan Suara Pemilihan Presiden FIFA :

Gianni Infantino – 115 suara

Sheikh Salman – 88 suara

Prince Ali al-Hussein – 4 suara

Jerome Champagne – 0 suara