Pemilik Baru The Toffes

Pemilik Baru The Toffes – Everton kini akan segera memiliki pemilik baru, dimana ia adalah seorang pebisnis asal Iran yakni Farhad Moshiri yang kini menguasai nyaris 50 persen saham klub. Dengan akan ada pemilik baru ini dipastikan kini Everton mempunyai dua orang pemilik selain Farhad Moshiri yakni adalah Bill Kenwright. Tentunya penjualan Everton ke pemilik baru ini memang diharapkan akan bisa membawa perubahan utamanya jelas suntikan dana besar buat bisa bersaing di papan atas musim depan pastinya.

Sebelumnya memang Everton hampir 16 tahun dipegang oleh Bill Kenwright, dimana sejal 1999 hal ini terjadi. Namun dengan peta persaingan yang kini semakin sengit di pentas sepakbola Inggris dimana banyak tim besar mendapati kucuran dana besar menjadikan Everton juga melakukan hal sama. Dimana Bill Kenwright mencari investor baru untuk bisa mendapati suntikan dana besar dimana pada akhirnya keinginan tersebut benar – benar bisa terealisasi pasca kesepakatan terjadi setelah pengusaha asal Iran yakni Farhad Moshiri resmi menjadi investor tersebut. Dikabarkan Farhad Moshiri menggelontorkan dana 87,5 juta poundsterling untuk membeli 49,9 persen saham kepemilikan di Everton, 27 Februari lalu.

Farhad Moshiri sendiri bukan orang baru di kancah sepakbola Premier League, Moshiri yang juga punya kewarganegaraan Inggris, mulai diperkenalkan dengan bisnis sepakbola saat membeli saham Arsenal. Namun pada akhirnya saham di Arsenal tersebut ia jual. Saat ini tercatat Moshiri memiliki total kekayaan mencapai 1,3 miliar pounds atau sekira Rp 24 triliun dan rela menjual sahamnya di Arsenal kepada Alisher Usman pada akhir pekan lalu. Hal tersebut dilakukannya untuk mendapatkan dana guna mengamankan pengambil alihan di Goodison Park. Meski saat ini kekuasaan Everton sudah berada di tangan Moshiri, namun ia masih memercayakan Kenwright sebagai presiden klub.