Casillas Dan Rekor Dunia

Casillas Dan Rekor Dunia – Laga yang akan dimainkan Spanyol kontra Rumania dalam pentas persahabatan kemarin memang merupakan catatan manis dari salah satu pemainnya yakni Iker Casillas, dimana memang Vicente del Bosque akan menurunkan sang pemain pada laga persahabatan kontra Rumania dengan dipasang sejak menit awal membuat kiper Spanyol itu menjadi pemain Eropa dengan caps terbanyak untuk negaranya. Di laga tersebut Casillas boleh dibilang tampil prima mengawal gawang ‘Tim Matador’ yang sepanjang 90 menit dari gempuran tuan rumah. Meski skor akhir keduanya memang hanya imbang 0 – 0 akan tetapi tentu ini menjadi sebuah catatan tersendiri bagi Casillas.

Dalam laga tersebut Casillas berhasil melanjutkan catatan clean sheet-nya menjadi 710 menit atau berjarak 104 menit dari rekor terbaik juga atas namanya, 814 menit. Rekor dunia baru menurut Misterchip, karena Casillas mampu menorehkan 101 clean sheet dari 166 penampilan bersama La Furia Roja atau rasio 61 persen. Dan tak hanya itu saja karena Casillas menurut situs resmi klubnya FC Porto. Dengan 166 caps tersebut maka Casillas resmi jadi pemain Eropa dengan penampilan terbanyak untuk negaranya, mengalahkan rekor eks pemain timnas Latvia Vitalijs Astafjevs dengan 165 caps sedari 1992 hingga 2010.

Hanya ada lima pemain yang punya caps lebih banyak daripada Casillas yakni Ahmed Hassan (Mesir, 184), Mohamed Al-Deayea (Arab Saudi, 178), Claudio Suarez (Meksiko, 177), Hossam Hassan (Mesir, 169), dan Ivan Hurtado. Dan kemungkinan rekor penampilan terbanyak ini bisa jadi akan kembali dipertajam Casillas yang kedepan memang masih diprediksi akan menjadi pengawal mistar gawang bersama David De Gea dalam pentas EURO di Perancis depan.